Hacker China Memata-matai Mitra Strategis Perdagangan Indonesia


CilacapCyber - Tak cuma Amerika, operasi mata-mata siber (cyber espionage) yang diduga dilakukan china menargetkan sejumlah negara Asia Pasifik dan bahkan mitra dagang strategisnya seperti Indonesia.

Microsoft mengungkap pengumpulan informasi intelejen ini terutama terkait dengan negara-negara yang berurusan di Laut China Selatan. Perusahaan milik miliader Bill Gates ini mendeteksi insiden dunia maya di Laut China Selatan yang dikaitkan dengan kelompok peretasan yang disponsori oleh negara China pada periode Juli 2022 - Juni 2023.

Menurut data Microsoft threat Analysis Center Investigations, berikut negara yang jadi target operasi mata-mata siber  berdasarkan angka insiden diatas :

- Taiwan (70+)

- Malaysia (30+)

- Filipina (20+)

- Indonesia (20+)

- Brunei (<20)

- Singapura (<20)

- Vietnam (<20)


Siapa saja kelompok peretas itu?

Perusahaan mengungkap lima kelompok yang diduga disponsori china, yakni Volt Typhoon, Raspberry Typhoon, Flax Typhoon, Circle Typhoon, dan Mulberry Typhoon. Kelompok ancaman utama diwilayah Laut China Selatan sendiri adalah Rasberry Typhoon dan Flax Typhoon.

Rasberry Typhoon

Rasberry Typhoon menargetkan kementrian pemerintah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), entitas militer, dan entitas perusahaan yang terkait dengan infrastruktur penting, khususnya telekomunikasi. Kelompok ini melakukan pengumpulan intelijen menggunakan kampanye spear-phishing yang canggih untuk menyeludupkan malware (Program Jahat) Mereka.

Flax Typhoon

Flax Typhoon menargetkan insfrastruktur penting Taiwan termasuk IT dan entitas terkait medis, sektor pertahanan, termasuk kontraktor yang bekerja dengan pemerintah AS, dan entitas media. Flax Typhoon sering mengumpulkan informasi tentang targetnya, menemukan kerentanan, dan kemudian memanfaatkan solusi VPN khusus untuk mendapatkan akses dan mempertahankan persistensi di jaringan korban.

Namun pada 2018, Kementrian Luar Negeri China sempat membantah "fitnah" dari As dan sekutu lainnya soal spionase ekonomi, dan mendesak Washington untuk menarik tuduhannya.


Menurut Pendapat Kalian Gimana ?

CILACAP CYBER TEAM

Hallo Saya Froxsy, Asal jateng saya suka membaca dan menulis

Post a Comment

Previous Post Next Post